Guru Go Blog

Di zaman modern ini, hampir sebagian besar masyarakat terutama di perkotaan sudah akrab dengan dunia maya, internet. Hal ini tidak di bisa kita (guru) dan penggiat teknologi biarkan begitu saja. Karena akan banyak hal yang akan berakibat mengarah negatif jika misalnya anak-anak yang baru mengenal dunia internet menikmati beragam sajian yang tak terbatas.

 

Lantas apa peran guru itu sendiri? Tentu saja banyak, salah satunya dengan aktif menulis di internet yang orang biasanya bilang ngeBlog. Blog pada dasarnya sama dengan catatan harian atau diary hanya bedanya di internet dan punya banyak manfaat  langsung meski tujuannya setiap blogger berbeda. Misalnya jika saya atau anda aktif dengan menulis di http://www.kompasiana.com, maka di tempat ini, kompasiner (bloggger di kompasiana) bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sebaik-baiknya. sayangnya saat ini di dunia sekolah, para guru hampir bisa dipastikan sedikit sekali aktif menjadi blogger jika melihat angka secara keseluruhan dan terkadang bertolak belakang dengan peserta didik (siswa) yang memanfaatkan kecanggihan dunia informasi.

 

Sederhananya jika saya seorang profesional di bidang periklanan, misalnya, saat itu pula jika anda aktif setiap harinya dan berteman dengan orang lain terutama di profesi yang sama, tentu akan terasa manfaatnya langsung. Misalnya berbagi pengalaman kerja dan cerita seputar pengetahuan di bidangnya.

 

Kenapa guru harus di tuntut ngeBlog? Pengalaman yang saya rasakan sungguh banyak. Diantaranya: suatu hari anak-anak yang sudah lulus dan di waktu lain berkesempatan datang ke sekolah pada acara tertentu atau atau ada keperluan lain dan ia bilang saya banyak mengikuti perkembangan sekolah dan itu dari bapak, saya kaget sekali. Ternyata di luar sana, banyak anak-anak yang kangen dan salah satu media penghubungnya yakni melalui blog tadi. Belum lagi anak  dan orang tua sekolah bercerita ke sayaa, sewaktu ada PR dan itu muncul blog saya tentang informasi yang berkaitan dengan sesuatu yang ia cari. Beberapa contoh itu lah yang terus saya bagi kepada teman-teman, siapa saja, selama menurut pengetahuan dan pengalama saya itu baik, kenapa tidak.

 

Jadi kawan-kawan, mari berbagi kepada sekitar kita yang belum memulai untuk ngeBlog. Mudah-mudahan semakin banyak guru Indonesia yang memenuhi ruang maya salah satunya di kompasiana ini. Salam Kompasioana! Salam Blogger! @Fahmi Awaludin

 

About fahmibogor

He is an English teacher, writer, communicator, cool man and do anything that he likes to do such as traveling, which is add new experience.
This entry was posted in School Diary and tagged . Bookmark the permalink.