Pelatihan B.Inggris Untuk Guru Bilingual

Pelatihan B.Inggris Untuk Guru Bilingual

Bu Erssi dan kawan-kawan tengah berdiskusi.

Mulai Tahun Ajaran 2012/2013, Sekolah Bosowa Bina Insani membuka kelas bilingual. Secara umum tak ada yang berbeda dengan kelas regular namun pada beberapa pelajaran di kelas ini menggunakan penyampaian bahasa Inggris yang lebih banyak. Terutama tiga mata pelajaran yakni B.Inggris, Matematika dan IPA. Dan untuk jam pembelajaran pun lebih banyak nuansa dan komunikasi dengan bahasa Inggris dan 6 jam wajib untuk pelajaran B.Inggris di kelas.


Untuk kelas bilingual sendiri dimulai dari kelas 1 SD (satu kelas), 7 SMP (dua kelas) dan 10 SMA (satu kelas). Demi menjaga kualitas bahasa dan memperkaya khasanah bahasa guru-guru yang berada di kelas bilingual ini, maka Yayasan Bosowa Bina Insani Bogor mengadakan kegiatan pelatihan yang dikhususkan dan diselenggarakan setiap minggunya. Kegiatan ini hasil kerja sama antara sekolah dengan  lembaga bahasa Inggris, English First (EF) Bogor selama satu semester ke depan. Durasi pembelajaran sendiri yakni dua jam mulai dari pukul 14.00-16.00 WIB. Dan memiliki empat kelompok dan ke semuanya dicampur dan tidak berdasarkan unit masing-masing. Untuk instruktur sendiri 50% pertama dari instruktur lokal dan 50% ke-2 dari native speaker (penutur asli). Materi disediakan oleh lembaga bahasa Inggris dan tidak menutup kemungkinan atas saran dari guru-guru bilingual karena kebutuhan yang harus dihadapi disetiap kelasnya. Untuk kelas atau pelatihan belajar dipilih sekolah karena alasan sebagian besar guru dengan padatnya jadwal di sekolah dan tidak ribet keluar dan masuk ke sekolah lagi. Adapun kelas sendiri berada di kelas 1B.

Pak Ambar dan kawan-kawan tengah berdiskusi tentang materi pelajaran.hey are discussing about material.

Jum’at, 31 Agustus 2012 adalah pertemuan pertama bagi guru-guru di unit SD, SMP, dan SMA yang akan mengikuti pelatihan selama satu semester ke depan ini. Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh tiga orang dari EF untuk memberikan gambaran pertama guru-guru dengan mencoba memberikan placement test dengan dua jalan. Pertama, semua guru yang berada di ruangan 1B harus mengisi beberapa soal yang terdiri dari soal kategori mudah, sedang dan sukar. Soal sendiri terdiri dari dua pilihan, yakni pilihan ganda dan isian. Dan jumlah soal semuanya yakni 60 dengan waktu pengisian satu jam. Ke-2, setelah semua guru menyelesaikan soal bagian pertama, saatnya melanjutkan ke ruangan lain, kelas 1C. disini guru-guru akan diajak untuk diwawancara seputar materi sederhana dan sedang, tentu saja dengan pengantar bahasa Inggris. Mr. Mahesa sebagai penanya memberikan beberapa pertanyaan seperti menanyakan kabar, kegiatan sehari-hari, contoh kalimat present tense, past continuous tense,  past perfect tense, past continuous tense, contoh phrase,makanan favorit dan minuman favorit.

 

Pak Eko sedang berdiskusi dengan kawan-kawannya.

Disela-sela materi pembelajarn dihadiri oleh pihak yayasan meski tak lama. Dan untuk pelatihan pertama bagi guru-guru bilingual dimulai pada hari Jum’at, 14 September 2012. Adapun materi awal yang disampaikan yakni tentang hal yang paling berkesan saat hari kelahiran tiba dan makanan yang paling tidak enak/ suka. Tujuannya untuk meningkatkan kosakata, percaya diri juga belajar ngomong bahasa Inggris dengan kawan di kelas. Kemudian setiap kelompok diberikan satu materi yang sama oleh instruktur, Mr. Mahesa. Adapun materi sendiri tentang dunia kedokteran. Tujuannya berkaitan dengan reading comprehension dan meningkatkan kosakata guru. Karena setelah itu ada presentasi dan diskusi antar kelompok. Dan diakhir pertemuan, instruktur memberikan penjelasan ke semua kelompok bahwa pada dasarnya bukan menilai siapa yang benar dan salah tetapi ingin mencapai tujuan tadi dan agar semua guru terus aktif di kelas dan pada pertemuan berikutnya. Di akhir pertemuan, instruktur memberikan PR tentang selembar materi IPA dan diharapkan setiap guru mendapatkan 10 kosa kata sulit seperti sulit mengucapkannya. Semoga Bermanfaat.

Salam @Fahmi Awaludin

About fahmibogor

He is an English teacher, writer, communicator, cool man and do anything that he likes to do such as traveling, which is add new experience.
This entry was posted in Bilingual Teachers Training. Bookmark the permalink.